Utamakan Program Pelayanan Dasar Kesehatan, Berikut Keterangan Humas RSUD Bangil


Pasuruan - Dalam perkembangannya sejalan dengan Komitmen bapak BUPATI dalam Visi Kabupaten Pasuruan yaitu “MENUJU KABUPATEN PASURUAN YANG SEJAHTERA, MASLAHAT DAN BERDAYA SAING”, sesuai Misi ke Lima “MENINGKATKAN PELAYANAN DASAR TERUTAMA PELAYANAN KESEHATAN” sebagai perwujudan untuk meningkatkan angka harapan hidup juga sebagai daya ungkit pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. RSUD Bangil membuka beberapa pengembangan layanan Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten pasuruan yaitu: pelayanan Bedah Plastik, Hematologi, Onkologi, JELITA SIAGA, Jumat (25/8/23).

 

1. PELAYANAN BEDAH PLASTIK

RSUD Bangil selalu berupaya untuk melengkapi pelayanan, salah satu nya dengan hadirnya pelayanan Bedah Plastik di RSUD Bangil. Bagi masyarakat yang memiliki masalah seperti tumor wajah, bekas luka bakar, luka di kraniofascial,  bibir sumbing, bedah mikro anggota gerak tubuh dll  dapat mengakses pelayanan bedah plastik di RSUD Bangil. Dokter Bedah Plastik di RSUD Bangil berfokus pada usaha memperbaiki/ memulihkan bentuk dan fungsi tubuh yang abnormal. Tujuannya adalah untuk meningkatakan kualitas hidup pasien  - pasien yang mengalami gangguan di fungsi tubuh.


2. PELAYANAN DOKTER HEMATOLOGI ONKOLOGI MEDIK

Penyakit kelainan darah mulai banyak ditemukan dimasyarakat baik secara sengaja maupun tidak disengaja pada saat pasien melakukan check up rutin, atau ditemukan saat pasien rawat inap. Jenis – jenis penyakit kelainan darah meliputi Limfoma Hodgkin, Limfoma Non Hodgkin, Leukemia, Multiple Myeloma, Anemia aplastik, Hemofilia, Talasemia dll. 

Penyakit kelainan darah di RSUD Bangil ditangani oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulatan Hematologi Onkologi,  berkolaborasi dengan dokter spesialis patologi klinik, dokter spesialis penyakit dalam, tenaga keperawatan terlatih, Ahli Farmasi terlatih penyediaan obat – obat kemoterapi.


Sarana penunjang meliputi klinik hematologi onkologi medik, unit kemoterapi dan ruang rekonstitusi sediaan sitostatika.

Pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan diagnostik, pelayanan obat – obatan dan pelayanan kemoterapi. 


3. PERSEMBAHAN RSUD BANGIL BAGI IBU – IBU PENCETAK GENERASI EMAS KABUPATEN PASURUAN

Capaian Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah. Salah satu indikator yang mendukung IPM adalah turunnya angka kematian ibu dan bayi. Dalam rangka  mengupayakan hal tersebut maka RSUD Bangil membuat program inovasi JELITA SIAGA ( Jemput, Layani, Tangani, Siap Antar Pulang Bertemu Keluarga) untuk pelayanan ibu hamil yang berbasis pelayanan kedaruratan pre hospital dengan BEST (Bangil Emergency Service Team), pelayanan intra hospital dengan triase kegawatan daruratan menggunakan sistem MEWS ( Maternal Emergency Warning System), pelayanan paska lahir dengan rujuk balik ke bidan wilayah dan menyediakan pelayanan antar pulang pasien ke rumah, selanjutnya pasien akan dimonitoring dirumah dengan program ELADALAH (Edukasi, Layanan, Ingatkan Kontrol Daring dan Hotline) dimana pasien akan dihubungi oleh petugas rumah sakit untuk menanyakan kondisi, mengingatkan minum obat, dan memastikan pasien kontrol tepat pada waktunya. 


Program jelita siaga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan,  meningkatkan komunikasi, mendeteksi secara dini kemungkinan kegawatan pasien yang bisa terjadi di rumah. 

RSUD Bangil memiliki fasilitas yang lengkap yang bisa dimanfaatkan secara lebih optimal oleh masyarakat, akan tetapi kadang masyarakat sulit mengakses pelayanan klinik kebidanan dan kandungan karena adanya rujukan berjenjang.


Dalam rangka dukungan terhadap indikator turunnya angka kematian ibu dan bayi, maka RSUD Bangil juga memiliki Program Rujuk Dini Terencana yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan agar pasien – pasien yang terdeteksi dini risiko tinggi bisa dirujuk lebih awal ke RSUD Bangil. Program ini dikuatkan oleh Peraturan Bupati tentang KIBBLA (Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak) dan Pelayanan Rujuk Dini Terencana.

Alhamdulillah program ini dimanfaatkan secara positif dengan peningkatan masyarakat yang mengakses layanan kebidanan dan kandungan di RSUD Bangil, baik melalui Klinik Kebidanan dan Kandungan, melalui MNE dan melalui layanan penjemputan BEST.


Dan atas dukungan semangat pegawai RSUD Bangil yang luar biasa, dukungan lintas sektor Dinas Kesehatan Kabupaten beserta dengan jajaran sampai dengan Bidan Wilayah, Dukungan Stake Holder dan atas Restu Allah SWT, Alhamdulillah Program JELITA SIAGA banyak mendapat apresiasi baik ditingkat daerah, provinsi dan nasional. 


Dan sebagian dari apresiasi tersebut pada tanggal 17 Agustus 2023 kemarin, Bidan Erly Mutiarawati, SST diundang ke Istana Negara untuk mengikuti Upacara Bendera sebagai bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah atas program jelita siaga.


"Kami berharap kedepannya JELITA SIAGA berkontribusi untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir dan menjadi pilar untuk terwujudnya generasi Emas khususnya untuk masyarakat kabupaten pasuruan," ujar Direktur RSUD Bangil.



"Dengan pengembangan layanan  tersebut RSUD Bangil sebagai Rumah sakit layanan PRIMA kedepannya mampu menjadi rumah sakit yang semakin peduli, berkualitas, berkembang sehingga memberikan manfaat bagi semua kalangan masyarakat terutama masyarakat di wilayah kabupaten Pasuruan," Pungkasnya ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama