Kapolres Klungkung Hadiri Upacara Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023



Klunkung- Bertempat di Alun Alun Ida Dewa Agung Jambe Klungkung Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P menghadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023 dengan tema ''Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global".


Hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom 

Dandim 1610/Klungkung, Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung, Ketua Pengadilan Negeri Semarapura, Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Sekretaris Daerah Kab.

Klungkung, Serta Para Kepala SKPD Kab. Klungkung, Para Kepala Bagian, Perwakilan KPU, Bawaslu, para Camat, Lurah, Kepala instansi Vertikal, Direktur BUMN dan BUMD Klungkung.

Serta undangan lainnya, Pada Kamis, 1 Juni 2023


Selaku Irup Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta

Dan diikuti oleh Peserta Upacara, 1 Pleton Korsik Pemda, 1 Pleton TNI, 1 Pleton POLRI, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton BPBD, 1 Pleton Tagana, 1 Kompi ASN Pemkab Klungkung, 1 Regu Ormas dan 1 Pleton Pelajar


Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membacakan  sambutan Presiden RI yang intinya bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya adalah palsafah ideologi bangsa sebagi sumber hukum yang ada. Untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.


Pancasila digali dari kearifan lokal dan sudah menjadi konsensus bersama untuk menjadikannya sendi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. 


Keberadaan Pancasila adalah anugrah Tuhan untuk bangsa Indonesia dengan peradaban yang bernilai luhur dengan semboyannya Bhineka Tunggal Ika. Pancasila tidak akan bisa tergantikan dengan ediologi apapun dari dahulu sampai nanti untuk selamanya.


Kedepannya di tahun-tahun politik mari kita bersama untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan walaupun ada perbedaan pilihan nantinya. Tetapi tetap kedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk tegaknya negara NKRI ini untuk peradaban yang lebih maju.


Dengan peringatan lahirnya pancasila diharapkan sebagai momen untuk mengenang,menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama