Prajurit Koramil Bahu Membahu Padamkan Api Rumah Warga Yang Terbakar



Merauke - Peran Babinsa Koramil 1707-08/Agats jajaran Kodim 1707/Merauke dalam ikut serta memadamkan api musibah kebakaran yang melanda rumah masyarakat di Kompleks Pasar Dolog, Jln. Dolog, Distrik Agats, Kab. Asmat yang terjadi pada Minggu pagi tanggal 16 Oktober 2022 sekira pukul 05.00 Wit.


Dalam keterangannya Danramil 1707-08/Agats Kapten Inf Rony K. Retraubun menjelaskan bahwa musibah kebakaran rumah papan/kayu milik masyarakat Kompleks Pasar Dolog Agats Rt.9A berasal dari Blok G rumah ke 8 milik Ibu Marko pekerjaan Wira swasta (Agen Minyak) yang pada saat itu ibu Marko sedang memasak kue, setelah ibu Marko keluar sebentar dan masuk kedalam rumah tiba-tiba api sudah menjalar di bagian atap rumah kemudian secara spontan ibu Marko berteriak minta tolong "kebakaran... kebakaran...".


"Sekira pukul 05.10 Wit api cepat membesar dan menyebar kerumah-rumah yang bangunannya terbuat dari papan karena jarak bangunan berdekatan dan komplek tersebut merupakan pemukiman padat penduduk". ungkap Kapten Inf Rony.


"Melihat kejadian tersebut, para Babinsa Koramil 1707-08/Agats bersama personel Satgas Yonif Raider 600/Modang, Polri dan masyarakat setempat ikut berperan berusaha semaksimal mungkin membantu memadamkan api menggunakan alat bantu berupa mesin alkon dan ember dengan memanfaatkan air penampungan yang ada disekitar tempat kejadian kebakaran". jelasnya.


Danramil 1707-08/Agats Kapten Inf Rony K. Retraubun menambahkan, api dapat dipadamkan sekira pukul 06.30 Wit dengan cara membongkar salah satu rumah warga agar api tidak terus merambat dan upaya pemadaman menggunakan mesin alkon pun terus dilakukan disekitar lokasi kebakaran kemudian dilanjutkan koordinasi dengan Pemda Asmat terkait tempat penampungan korban kebakaran.


Sementara dalam penyampaiannya Bapak Klemen Siatumo (53) selaku Ketua Rt. 9A Kompleks Pasar Dolog mengatakan bahwa jumlah bangunan yang berada di Kompleks Pasar Dolog sekitar 200 rumah yang terbuat papan. *

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama