Polres Bangli amankan Kegiatan Ngerebeg di Catuspata Bangli



Bangli -  Pada hari raya Kuningan tahun ini Sabtu tanggal 18 Juni 2022  dilaksanakan upacara Ngerebeg di Catuspata kota Bangli oleh Masyarakat Br. Kawan, masyarakat Br. Pande, masyarakat Br. Geriya dan masyarakat Br. Belumbang.


Untuk Keamanan dan kelancaran pelaksanaan upacara Ngerebeg dimaksud Kabag Ops Polres Bangli Kompol I Ketut Maret SH, bekerjasama dengan  Kapolsek Bangli *Kompol I Made Adi Suryawan,S.H.,M.M.* memimpin pelaksanaan Pengamanan upacara Ngerebeg dengan melibatkan personil Polres dan  personil Polsek Bangli," ucapnya.


Giat pengamanan dimulai pukul 18.00 wita karena masyarakat dari 4(empat) Banjar sudah mulai berdatangan membawa sesajen di Catuspata Bangli. Personil menempati simpul simpul jalan yang  dilalui oleh iring iringan Ngerebeg untuk melancarkan arus lalin maupun mengalihkannya ke jalan lain karena pada saat upacara Ngerebeg berlangsung kendaraan tidak bisa lewat di catuspata kota Bangli.


Pada pukul 18.30 wita iring iringan tapakan Barong dari empat arah mata angin memasuki catuspata Bangli, dari arah Barat tapakan Barong pura dalem Purwa di iringi oleh Masyarakat Br. Kawan, dari arah Utara tapakan Barong dari pura dalem Slaungan di iringi masyarakat Br. Pande, dari arah Timur tapakan Barong dari pura dalem Cungkup di iring oleh masyarakat Br. Geriya dan dari arah Selatan tapakan Barong dari pura dalem Penunggekan di iringi oleh masyarakat Br. Belumbang.


Ke empat tapakan Barong tersebut pada saat berlangsungnya upacara akan menghadap arah mata angin masing -  masing Banjar, Ida Batara Dalem Slaungan menghadap ke Utara, Ida Batara Dalem Pegringsingan menghadap ke Timur, Ida Batara Dalem Nunggekan menghadap ke Selatan dan Ida Batara Dalem Purwa menghadap ke Barat  yang disebut Nyatur Desa.


Pada pukul 19.30 wita Prosesi upacara Ngerebeg di Catuspata Bangli selesai dilaksanakan  walau dalam situasi hujan gerimis, selanjutnya tapakan Ida Batara diarak melancaran ke masing - masing Banjar penyungsung, ada beberapa masyarakat pengiring yang kerauhan (kesurupan) namun upacara Ngerebeg berjalan dengan aman dan lancar.  ****

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama