Cara Cek Nama PT (Perusahaan) yang Terdaftar di AHU Kemenkumham

Karena bagaimanapun juga seperti yang kita tahu saat ini, tidak satu atau dua kali para jobseeker yang justru menjadi korban penipuan kerja.Hal tersebut karena tidak tahu jika perusahaan tersebut tidak terdaftar.

Maka dari itu untuk kamu para pelamar kerja, ketahui dulu apakah PT tersebut resmi atau tidak, dan di pembahasan kali ini kita akan membahas cara cek nama PT di AHU online serta fitur lainnya dari layanan tersebut.



Tahukan Anda Apakah  AHU Online Itu ?

Sebelum masuk ke cara pengecekannya, kamu perlu tahu dulu apa itu AHU online yang akan digunakan nanti. AHU online merupakan sebuah layanan publik yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kemenkumham.


Layanan ini dibuat memang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, serta para notaris seluruh Indonesia yang sedang mencari nama PT. Dengan adanya layanan ini, segala informasi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat sehingga data juga lebih transparan.


Tidak hanya mengecek nama PT, tapi masih banyak fitur yang bisa digunakan. Nah, apa saja fitur tersebut? Mari langsung simak penjelasan berikut.


Fitur Layanan AHU Online

Ada banyak fitur atau kegunaan yang bisa  dilakukan pada layanan web ini, berikut beberapa fiturnya.



Layanan Kegiatan Kenotariatan

AHU online sebagai naungan Kemenkumham juga mengakomodir segala kegiatan dan kebutuhan kenotariatan Notaris. Diantaranya mulai dari ujian pengangkatan notaris, registrasi pengangkatan notaris, permohonan wilayah pindah notaris, update profil notaris dan masih banyak lagi.

Seluruh kebutuhan akan kenotariatan seorang notaris dapat dilakukan lewat layanan AHU ini.

Layanan Badan Hukum

Karena dinaungi Kemenkumham, AHU ini tentu memiliki pelayanan terkait badan hukum. Diantaranya beberapa badan hukum seperti yayasan, perseroan, Fidusia, perkumpulan, dan masih ada yang lainnya


Pada layanan ini AHU dapat membantu badan hukum untuk membuat nama, pendirian organisasi atau kumpulan dan masih banyak lagi.


Wasiat

Untuk kamu yang hendak membuat surat wasiat namun tidak ada waktu, maka AHU dapat membantunya. Pada layanan ini terdapat pembuatan serta pelaporan surat wasiat, sehingga kamu tidak perlu mengurus secara offline.


Nah, itu merupakan beberapa fitur atau layanan milik AHU online. Selain yang di atas, ada fitur yang sangat memudahkan para masyarakat yaitu cek nama PT, jadi para perusahaan yang sudah mendaftarkan nama dan legalitasnya datanya dapat di cek dengan mudah oleh kamu.

Maka dari itu ketahui cara cek nama PT dari seluruh Indonesia di AHU online berikut.


Cara Cek Nama PT di AHU Online 


Berikut ini langkah - langkah cara cek nama PT di AHU Online yang bisa dilakukan oleh siapapun.

- Kunjungi situs resmi AHU online pada link berikut https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt 

- Kemudian nanti muncul kolom seperti ini, lalu masukan nama PT yang akan di cek pada kolom berikut, contohnya perusahaan milik Bibit.

- Lalu centang bagian Saya bukan robot.

- Setelah itu klik enter pada kolom pencarian.

- Jika sudah maka muncul hasil nama PT yang berkaitan dengan nama yang kamu masukan. Seperti gambar di bawah terdapat 15.919 hasil pencarian, dan PT yang kamu cari terletak pada urutan pertama.


- Sampai situ kamu sudah berhasil cek nama PT, namun jika ada keperluan lebih lanjut dan perlu profil perusahaan lebih lengkap kamu juga bisa mendapatkannya namun harus isi form terlebih dulu dan membeli nomor voucher. 


Demikian cara cek nama PT di AHU online, mudah sekali kan? Cara cek nama PT ini sangat berguna apalagi untuk kamu yang hendak melamar kerja.




























Post a Comment

Lebih baru Lebih lama