Babinsa Inspiratif, Berkebun Jeruk Nipis Demi Membahagiakan Keluarga





Barabai Kalsel. Babinsa Inspiratif, berkebun Jeruk Nipis untuk membahagiakan keluarga, itulah yang dilakukan oleh Serda Irwan Yuliandi salah satu babinsa Kodim 1002/Barabai yang berhasil berkebun/budidaya  Jeruk Nipis di desa Tabu Darat Hilir Kec.Labuan Amas Selatan Kab.Hulu Sungai Tengah.

Sejak berdinas Kodim 1002/Barabai sekitar tahun 2014 Serda Irwan langsung menduduki jabatan babinsa di Koramil 1002-06/Barabai,  berawal dari Babinsa ini Irwan banyak kenal dengan Penyuluh pertanian Lapangan atau PPL, dari situ muncul ide untuk berkebun Jeruk nipis memanfaatkan ladang dari orang tua yang tidak terawat, ujarnya.

Saat dihubungi melalui sambungan Telepon Serda Irwan menyampaikan  bahwa pada pertengahan tahun 2015, pertama kali menanam Jeruk nipis sekitar 250 pohon diatas lahan setengah (⅕) Ha dengan modal pinjaman uang dari Primkop Kartika Beringin.

Berbagai kendala dilapangan sering dihadapinya,  akan tetapi Irwan tidak pantang menyerah,  dengan terus berkoordinasi dan minta bimbingan dari  PPL cara perawatan tanaman Jeruk nipis semua kendala dapat diatasi, dan akhirnya setelah hampir empat tahun kebun, jeruk nipis sudah membuahkan hasil yang lumayan ungkap Irwan, pada Sabtu, 25/5/2019).

Lebih lanjut Irwan menjelaskan bahwa untuk sekali panen dapat menghasilkan 3000 biji Jeruk nipis  dengan tenggang waktu panen antara  1 sampai 2 minggu sekali,  sedangkan untuk pemasarannya ada pembeli yang langsung datang ke rumah dan ada kalanya hasil panennya sudah ada yang memesan yaitu pembeli dari Kalimantan Tengah.

Ditambahkan pula  bahwa baru baru ini Irwan kembali   menanam  bibit baru  sekitar 150 pohon lagi di lokasi yang berbeda, jadi keseluruhan tanaman jeruk nipis sebanyak 400 pohon diatas lahan 32 borong atau hampir satu Ha, dan syukur alhamdulillah berkat usaha berkebun Jeruk ini dapat menambah pengasilan keluarga, sehingga saya bisa melunasi pinjaman di Koperasi bahkan saya dapat merehap rumah warisan dari neneknenek, terangnya.

Saat tim penerangan Kodim 1002/Barabai menanyakan apa tujuan dan motivasi Serda Irwan berkebun Jeruk Nipis, dia menjawab dengan singkat "ini saya lakukan semata-mata untuk membahagiakan keluarga"tegasnya.

Sungguh pengakuan yang singkat namun mengandung arti yang sangat dalam,  semoga apa yang dilakukan oleh Serda Irwan ini bisa menjadi contoh dan inspirasi  bagi Babinsa Kodim Barabai yang lain dalam mengembangkan potensi yang ada disekitarnya.(pendim1002).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama