Kepercayaan Nenek Moyang Orang Lombok Jaman Pra Sejarah



Kehidupan menetap menimbulkan ikatan antara manusia dengan alam sekitarnya. Dengan demikian nenek moyang orang Sasak (Lombok) percaya bahwa setiap benda memiliki roh yang disebut kepercayaan animisme.Bukti nenek moyang orang Sasak percaya adanya roh-roh nenek moyang adalah penemuan situs penguburan di Gunung Piring yang berada di daerah perbukitan.

Menurut mereka, di bukit-bukityang tinggi tersebutlah roh nenek moyang bersemayam. Selain itu,  mereka percaya bahwa setiap benda memiliki kekuatan gaib. Olehsebab itu, mereka menyembah dan memuja roh-roh agar tidak terjadi bencana alam.Salah satu alat upacara yang dipergunakan oleh nenpk moyang orang Sasak adalah nekara.

Hal ini terbukti dengan adanya penemuan nekara di desa Pringgabaya pada tahun 1999. Akan tetapisangat disayangkan bahwa nekara tersebut rusak pada saat penggalian materi batu di wilayah tersebut. Nekara yaitu semacamtambur besar, bentuknya seperti dandang terbalik dan dijadikansebagai benda pusaka, dianggap suci dan dipuja pada waktumengadakan kegiatan upacara.

Seiring dengan semakin banyaknya pengaruh dari luar, maka integrasi kepercayaan lokal dengan luar menimbulkan adanya sinkretisme dalam ajaran-ajaran yang telah dianut sehingga muncul sistem kepercayaan yang disebut Boda.Boda merupakan anasir atau unsur dari berbagai kepercayaan.

Yaitu unsur dari animisme, yang percaya bahwa segala sesuatu mempunyai roh, kemudian dinamisme, yang percaya bahwa setiap makhluk memiliki kekuatan gaib, juga antropomorfisme yang melakukan pengenaan ciri-ciri manusia pada binatang atau benda  mati, serta politeisme yang percaya terhadap banyak Tuhan.

Pengaruh sinkretisme di dalam kepercayaan Boda ini, masih bertahan  hingga pertengahan abad ke 20 ini, yaitu masih mempercayai adanyakekuatan makhluk super natural. Makhluk tersebut antara lain:
1. Betara Guru
, yaitu raja dewa-dewa yang menurunkan raja-raja  Lombok.

2 Bidadari
, yaitu sebangsa dewi yang hidup di Madya antaraawang-awang.
3 Bebodo'
, yaitu sebangsa hantu yang berkeliaran bila magrib tiba,terutama pada malam Jum'at. Itulah sebabnya pada saat-saat itu,anak-anak dilarang bermain-main. la suka menyembunyikan anak kecil yang diberi makan ulat. Untuk menemukannya dipukulkan parang buntung.4.

 Bake'
, juga sebangsa hantu yang sangat jahat membuat manusiasakit. Tempat tinggalnya di  hutan, batu-batu besar dan pohonkayu yang rindang.5.

 Belata'
,.sama halnya dengan bake, hanya perbedaannya belatamakan orang.6.

 Bebai
, sejenis makhluk halusyang kecil, tidak semua orang dapat melihatnya. Bebai  dipelihara oleh selak.7.

Sela'
Sebenarnya bukanlah makhluk halus melainkan
manusia biasa. Seorang dapat menjadi sela disebabkan memilikiilmu sejenis sihir. Oleh sebab itu, ia dapat menjadi sesuatu sesuai kehendaknya. Ada juga orang menjadi sela' karena keturunan,demikian juga orang yang beristrikan sela', maka ia menjadi sela'.Jenis sela' ada dua yaitu:a.Sela' Beleq kekuatannya lebih besar dan lebih hebat dalam menghancurkan kekuatan lawan.

Umumnya memakan bangkai dan kotoran manusia. b.Sela' Bunga
hidupnya di angkasa dan selalu mencari musuh di malam hari. Sela' bunga tidak memakan makanan yang kotor seperti halnya sela' beleq.  (adie)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama